Cara Mengajarkan Sholat Pada Anak

Cara Mengajarkan Sholat Pada Anak

Sholat merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim. Oleh karena itu, mengajarkan sholat pada anak merupakan sesuatu yang sangat penting. Membiasakan sholat memang harus semenjak kecil, karena jika menunggu anak menjadi dewasa maka akan menjadi sulit. Namun banyak orang tua yang masih bingung bagaimana cara mengajarkan sholat pada anak.

Cara Mengajarkan Anak Gerakan Sholat

Sholat merupakan ibadah yang terdiri dari gerakan dan bacaan. Maka yang pertama diajarkan sebaiknya adalah gerakan. Karena memang gerakan sholat lebih mudah untuk ditiru dan dihafal oleh anak-anak.

Cara mengajarkan anak gerakan sholat dapat dilakukan dengan cara mengajak mereka ke masjid untuk anak laki-laki. Jika anak perempuan bisa dengan cara memakaikannya mukena dan biarkan ia berada di samping ibunya yang sedang sholat. Biasanya anak akan secara otomatis mencoba menirukan gerakan sholat.

Tips untuk anda yang mengajak anak ke masjid, pastikan anak tidak membuat kegaduhan atau keonaran. Memang betul tujuannya adalah untuk mengajari anak gerakan sholat serta membuatnya terbiasa di masjid. Namun, jangan sampai anak anda mengganggu kekhusyuan ibadah jamaah yang lain, karena tentunya tidak sopan.

Baca juga: Keutamaan Melakukan Aqiqah

Cara Mengajarkan Bacaan Sholat Pada Anak

Cara mengajari anak sholat yang kedua adalah pada bacaan. Bacaan sholat sebaiknya diajarkan setelah anak mulai bisa dan lancar melakukan gerakan sholat. Sehingga anak bisa langsung praktek bacaan sembari melakukan gerakan sholat.

cara mengajarkan gerakan dan bacaan sholat pada anak usia dini

Ajarkan bacaan sholat secara berurutan mulai dari takbiratul ihram hingga salam. Untuk mempermudah anak dalam menghafal bacaan sholat, sebaiknya ajari satu bacaan hingga benar-benar hafal baru ke bacaan selanjutnya. Lakukan terus secara rutin setiap hari. Misalnya hari ini belajar membaca iftitah hingga hafal, lalu selanjutnya al fatihah dan seterusnya.

Carilah suasana yang membuat anak nyaman dan senang untuk menghafal bacaan sholat. Jangan ajak anak menghafal jika sekiranya ia kelihatan sedang tidak mood. Karena akan sulit mengajari anak untuk menghafal ketika ia memang sedang tidak ingin melakukannya.

Baca juga: Hukum memakan daging aqiqah sendiri

Bacakan Anak Cerita Islami Atau Berikan Mainan Anak Untuk Membuatnya Antusias

Anda bisa membacakan cerita-cerita islami kepada anak. Hal ini berguna agar anak menjadi semakin tertarik dengan islam. Kisah-kisah orang sholeh bisa membuat anak termotivasi untuk melakukannya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan mainan atau buku bergambar tentang sholat.

Jangan Paksa Anak

Jika memang anak anda belum diwajibkan untuk sholat sebaiknya jangan paksa untuk melakukannya. Karena memang kadang anak masih labil, terkadang mudah diajak sholat terkadang menolak. Sebagai orang tua sebaiknya sabar dan terus mengajarinya dengan telaten.

Cara mengajarkan sholat pada anak ini bisa anda praktekan secara rutin. Untuk membentuk anak yang sholeh semenjak kecil. Membiasakan anak untuk sholat akan membuatnya menjadi kebiasaan ketika ia dewasa.

Jika anak anda belum di aqiqahi maka kami siap untuk membantu. Anda bisa menggunakan jasa aqiqah dari Saung Aqiqah. Pelayanan aqiqah syar’i untuk kemudahan beraqiqah. Harga murah dan gratis ongkos kirim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *