Manfaat dan Keutamaan Aqiqah

Manfaat dan Keutamaan Aqiqah

Aqiqah merupakan ibadah sunnah yang diperintahkan kepada setiap muslim ketika memiliki buah hati. Disunnahkan untuk menyembelihkan kambing bagi anak yang baru lahir di hari ke tujuh usianya. Untuk anak laki-laki diperintahkan menyembelih dua ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan satu ekor. Dibalik sunnah nabi ini terdapat banyak keutamaan aqiqah yang sebaiknya kita ketahui. Mengetahui Manfaat aqiqah akan membuat kita semakin semangat dalam melakukannya.

Melakukan Aqiqah Merupakan Sunnah Nabi

Keutamaan Aqiqah dan Manfaatnya

Menyembelih kambing pada hari ke tujuh kelahiran bayi merupakan bukti bahwa kita mengikuti sunnah nabi. Aqiqah anak sebaiknya dilakukan sesuai dengan tuntunan syariat hal ini agar kita tidak menyelisihi apa yang telah diperintahkan oleh nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam. Jangan sampai kita melakukan aqiqah mengikuti tata cara orang jahiliyah, yaitu hanya mengaqiqahi anak laki-laki. Dengan melakukannya sesuai sunnah maka kita akan mendapatkan manfaat aqiqah yang sesungguhnya.

Hadits-hadist Tentang Jumlah Kambing Aqiqah

Ummu Kurz al Ka’biyah r.a. berkata: “aku bertanya kepada Rasulullah SAW tentang Aqiqah, kemudian beliau menjawab. ‘untuk anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing yang sama ukurannya (umurnya) dan untuk anak perempuan satu kambing saja. Tidak jadi masalah, apakah kambing itu jantan maupun betina.” (H. R. Ahmad, At Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah. Abu Daud)

Diriwayatkan bahwa Aisyah berkata: Rasulullah SAW bersabda: “untuk anak laki-laki sembelihlah dua ekor kambing, untuk anak perempuan satu ekor saja.” (H. R. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hiban)

Diriwayatkan dari Imam Ahmad bahwa Aisyah rodliyallahu Anha berkata: “Rosulullah memerintahkan kami mengaqiqahkan anak perempuan dengan seekor kambing dan anak laki-laki dengan dua ekor kambing.” (H. R. Ahmad, At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hiban)

Dari hadits-hadits di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwasanya aqiqah untuk anak laki-laki dan perempuan jumlahnya adalah berbeda. Sudah jelas untuk anak laki-laki dua ekor dan anak perempuan cukup satu ekor. Jangan sampai kita terbalik melakukannya.

Keutamaan Melakukan Aqiqah

Ada beberapa keutamaan aqiqah dan manfaat aqiqah yang akan kita dapatkan jika kita melakukannya. Tentu dalam melakukannya harus benar dengan mengikuti petunjuk yang ada dari nabi. Jangan sampai ibadah aqiqah kita menjadi batal karena melakukan hal-hal yang bertentangan dengan syariat.

1. Mendapatkan Pahala

Orang yang melakukan aqiqah tentunya akan mendapatkan pahala karena telah mengikuti sunnah dari Rasullullah. Ini merupakan keutamaan aqiqah yang paling utama. Dengan melakukan aqiqah kita telah menunjukan rasa cinta kepada nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam yaitu mengikuti petunjuknya.

2. Menghilangkan Penyakit dan Kotoran pada Bayi

Pada prosesi aqiqah biasanya juga dibarengi dengan mencukur rambut yang baru lahir, tujuannya tentu untuk menghilangkan kotoran. Karena pada rambut bayi terdapat kotoran yang berasal dari plasenta dari dalam rahim. Jika tidak dibersihkan maka berpotensi menyebabkan penyakit.

3. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Niat melakukan aqiqah tentunya adalah karena untuk beribadah kepada Allah. Dengan melakukan aqiqah kita berusaha lebih mendekatkan diri kepada Allah. Ini merupakan keutamaan aqiqah yang luar biasa. Tentunya keutamaan ini bisa kita dapatkan jika niat kita benar-benar menyembelih untuk Allah.

Baca juga: Takaran ASI yang PAS untuk Bayi

4. Mendoakan Kebaikan Bagi Bayi

Dalam acara aqiqah tentunya dibarengi acara doa. Baik doa secara khusus maupun secara umum dari orang yang menerima hidangan aqiqah dari kita. Ini akan membuat si bayi menerima banyak doa-doa positif dari orang-orang yang insyaallah bermanfaat untuk kehidupannya kelak.

5. Mempererat Ukhuwah Sesama Muslim

Hidangan aqiqah yang kita bagikan kepada saudara-saudara muslim kita tentunya akan meningkat hubungan persaudaraan. Rasa solidaritas dan cinta dapat menjadi semakin kuat pada sesama muslim.

Demikianlah beberapa keutamaan aqiqah yang akan kita dapatkan. Apapun ibadah yang diperintahkan dalam islam pastinya memiliki keutamaan. Yang terpenting adalah kita melakukan semuanya iklash karena Allah dan semata-mata hanya mengharapkan ridho Allah. Dengan begitu kita akan mendapatkan manfaat aqiqah yang sesungguhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *