Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil

Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil

Mengkonsumsi kurma selama kehamilan rupanya memiliki banyak sekali efek positif. Manfaat kurma bagi ibu hamil ini sangat penting untuk diketahui. Dengan mengetahui manfaatnya maka ibu hamil akan menjadi lebih termotivasi untuk mengkonsumsi kurma. Kandungan dalam buah kurma nyatanya sangat baik untuk ibu hamil dan janin di dalamnya.

Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil

manfaat kurma bagi ibu hamil

Manfaat kurma bagi ibu hamil bisa dirasakan semenjak awal kehamilan hingga pada fase persalinan. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kurma dapat mempermudah persalinan. Ada berbagai khasiat lainnya yang juga luar biasa. Maka dari itu mengkonsumsi kurma tentunya dianjurkan untuk ibu hamil muda maupun hamil tua.

Berikut daftar lengkap manfaat kurma untuk ibu hamil.

Mencegah Anemia

Kurma memiliki kemampuan untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Hal ini karena kurma memiliki zat besi. Zat besi inilah yang menjaga hemoglobin dalam tubuh serta untuk memperkuat daya tahan ibu dan janin yang dikandungnya.

Mencegah Sembelit

Sembelit atau konstipasi kerap dialami oleh ibu hamil. Dengan mengkonsumsi kurma maka hal ini dapat dicegah. Kurma dapat menjaga pencernaan agar tetap normal dan sehat. Kandungan serat dalam buah kurma juga dapat mengenyangkan serta dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh sehingga membantu ibu hamil untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Memberi Energi Tambahan

Manfaat kurma bagi ibu hamil berikutnya adalah dapat memberikan energi tambahan. Sudah kita ketahui bersama bahwa ibu hamil biasanya akan mudah lelah. Oleh karena itu, mereka membutuhkan asupan energi tambahan. Kurma merupakan salah satu buah yang dapat memberikan energi tambahan. Tidak hanya mengkonsumsi mentahnya, namun bisa juga dilakukan dengan meminum sari kurma.

Baca juga: Jasa Aqiqah Tangerang

Memperbesar Kemungkinan Persalinan Secara Normal

Sebuah penelitian menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi kurma secara rutin memiliki peluang untuk melahirkan secara normal lebih besar dibanding yang jarang memakan kurma saat hamil. Ini merupakan manfaat kurma bagi untuk hamil yang sangat luar biasa. Namun kebanyakan ibu hamil masih belum mengetahui khasiat kurma yang satu ini.

Mempermudah Persalinan

Kurma dapat merangsang terjadinya kontraksi. Maka mengkonsumsi kurma di waktu menjelang persalinan adalah pilihan yang baik. Kurma akan memicu tubuh untuk memproduksi hormon oksitosin, dimana hormon ini berguna untuk mempermudah proses kelahiran.

Membantu Pemulihan Setelah Melahirkan

Kurma tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil saja namun manfaat juga akan tetap terasa hingga setelah melahirkan. Oksitosin yang dihasilkan karena rangsangan kurma akan sangat berguna untuk memulihkan fungsi rahim. Oksitosin juga dapat berguna untuk mempercepat menghentikan pendarahan.

Kaya Vitamin K yang Berguna Untuk Bayi

Vitamin K sangat baik untuk kesehatan tulang. Dengan sering mengkonsumi kurma maka air susu ibu nantinya menjadi kaya akan vitamin K. Dimana vitamin ini akan sangat bermanfaat bagi si kecil. Vitamin K sendiri akan diserap ketika bayi menyusui.

Kesimpulan Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Itulah beberapa manfaat kurma bagi ibu hamil. Dengan mengetahui manfaat ini maka sebaiknya ibu hamil menjadi lebih rutin dalam mengkonsumsi kurma. Sehingga bisa mendapatkan khasiat kurma untuk ibu hamil. Namun perhatikan juga untuk tidak mengkonsumsi kurma terlalu banyak atau melebihi aturan. Karena sesuatu yang terlalu banyak dapat juga membahayakan kesehatan tubuh.

Ibu hamil bisa juga mengkonsumsi kurma dan madu. Karena ada banyak sekali manfaat madu bagi ibu hamil. Tentunya dengan mengkonsumsi keduanya ibu hamil bisa mendapatkan banyak manfaat yang berguna bagi dirinya dan si janin.

Jangan lupa untuk menggunakan jasa aqiqah dari saung aqiqah.

Baca berbagai artikel bermanfaat lainnya di Semutmulia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *