Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil

Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil

Madu merupakan minuman berkhasiat yang telah dikenal oleh orang dari seluruh dunia. Rupanya madu juga memiliki manfaat yang sangat baik jika dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Manfaat madu bagi ibu hamil akan sangat terasa bila madu dikonsumsi secara rutin. Efek yang paling nyata akan mampu memberikan kesehatan pada ibu dan juga janinnya.

Kandungan yang Terdapat Pada Madu

Madu memiliki kandungan mineral yang banyak seperti magnesium, kalium, natrium, kalsium, zat besi, sulfur, mangan, dan phosphor. Selain itu madu juga banyak mengandung gizi mulai dari zat gula glukosa serta fruktosa, asam amino, vitamin, asam pantonetat, asam askorbat, piridoksin, riboflavin, niasin, dan thiamin.

Baca juga : Paket Aqiqah Tangerang

Yang menjadi keunggulan lainnya dari madu adalah adanya kandungan antibiotik dalam setiap tetesnya. Kandungan inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa madu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai salah satu sumber energi.

Manfaat  dan Khasiat Madu Bagi Ibu Hamil

manfaat madu bagi ibu hamill

Meningkatkan Daya Than Tubuh

Madu dapat menjadi antibakterial dan antioksidan yang sangat baik untuk melindungi serta meningkatkan kekuatan atau daya tahan tubuh. Madu juga dapat digunakan untuk mengobati luka, memar, bahkan hingga luka bakar ringan.

Mengurangi Insomnia

Ibu hamil kerap mengalami masalah susah tidur, terlebih lagi jika perutnya sudah semakin membesar. Ibu akan mengalami insomnia karena merasa tidak nyaman untuk tidur dan kesulitan mencari posisi yang enak. Oleh karena itu, mengurangi insomnia merupakan salah satu manfaat madu bagi ibu hamil. Madu dapat membantu ibu untuk bisa tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Konsumsi madu sebaiknya dilakukan sebelum tidur dan dapat dikonsumsi bersama susu. Namun jangan berlebihan dalam meminum madu, sebaiknya 1 sendok saja.

Baca juga: Doa dan dzikir Ibu Hamil

Menyembuhkan Batuk

Madu dapat digunakan untuk mencegah flu dan batuk. Selain itu madu juga bisa sangat efektif digunakan sebagai obat pereda batuk. Kandungan zat antivirus dalam madu dapat melawan virus-virus yang mengganggu kesehatan bumil.

Mengobati Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan pastinya akan sangat menganggu dan membuat ibu hamil tidak hanya. Tapi rasa sakit, gatal, maupun iritasi pada tenggorokan dapat ditanggulangi dengan mengkonsumsi madu loh bund. Konsumsi madu bisa dilakukan secara langsung maupun dicampur dengan teh hangat atau wedang jahe.

Mencegah Sariawan

Bakteri Helicobacter pylori merupakan penyebab utama sariawan di dalam mulut. Meminum madu secara rutin dapat mencegah pertumbuhan bakteri ini loh bund, jadi bisa mencegah ibu hamil dari sariawan. Hal ini sendiri telah dibuktikan berdasarkan penelitian. Jadi tidak perlu ragu lagi dengan manfaat madu bagi ibu hamil yang satu ini.

Menghilangkan Ketombe

Beberapa ibu hamil kerap mengalami masalah dengan rambut dan kulit kepala mereka. Hasilnya banyak ibu hamil yang merasa gatal di kepalanya karena ketombe. Madu dapat menjadi solusi untuk menghilangkan ketombe dan rasa gatal di kepala. Caranya cukup mudah, campurkan madu dan air hangat, lalu aduk hingga merata untuk kemudian dibalurkan ke kepala dengan cara diusapkan dan dipijit lembut. Jangan lupa setelah selesai untuk membilasnya. Lakukan hal ini setiap hari, cukup sekali saja ya bund.

Kesimpulan Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil

Demikianlah informasi mengenai manfaat madu bagi ibu hamil. Mengkonsumsi madu dapat memberikan efek yang sangat positif bagi bumil. Apalagi kesehatan sangat penting bagi ibu untuk menyambut kelahiran buah hati tercinta. Pastikan juga ibu melakukan aqiqah setelah si kecil lahir ya? Aqiqah anak syar’i bisa dilakukan di jasa aqiqah dari saung aqiqah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *