Olahraga Untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Olahraga Untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Ketika usia kehamilan memasuki 7 bulan tentunya perut ibu hamil akan semakin besar dan semakin terbatas aktifitas yang dapat mereka lakukan. Diusia kehamilan tua tersebut sepertinya mustahil untuk melakukan olahraga. Padahal sebenarnya ada lho olahraga untuk ibu hamil 7 bulan yang aman. Di artikel ini kita akan membahas olahraga yang tepat untuk ibu hamil tujuh bulan.

Tips Olahraga Gerakan Senam Untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Fisik yang kuat sangat diperlukan untuk ibu hamil. salah satu cara untuk memperoleh kebugaran fisik adalah dengan melakukan olahraga untuk ibu hamil 7 bulan. Jika olahraga ini ringan dilakukan secara rutin maka akan dapat membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih sehat dan kuat.

Apakah Olahraga Senam Ibu Hamil 7 Bulan Aman Dilakukan?

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa ibu hamil 7 bulan sangat aman untuk melakukan olahraga. Dengan catatan, bahwa olahraga tersebut memang untuk ibu hamil 7 bulan. Dalam beberapa kasus ada ibu hamil yang kemudian kelelahan ketika melakukan olahraga.

Baca juga: Persiapan Sebelum Kelahiran

Namun sebaliknya ada juga yang justru merasa lebih bugar dan sehat setelah melakukan olahraga untuk ibu hamil 7 bulan. Sebenarnya penyebab hasil yang berbeda ini adalah karena kebiasaan sebelum hamil. Jika sebelum hamil sang ibu telah terbiasa berolahraga maka ia akan tetap merasa nyaman dan tidak mudah kelelahan meskipun berolahraga. namun untuk yang tidak pernah atau jarang berolahraga sebelum hamil, pasti akan sangat kelelahan ketika melakukan olahraga di waktu hamil 7 bulan.

Kekhawatiran yang banyak dirasakan oleh ibu hamil ketika ingin melakukan olahraga adalah mereka takut keguguran. Hal ini sebenarnya bukanlah sesuatu pendapat yang benar terkait dengan olahraga untuk ibu hamil 7 bulan. Ibu hamil akan aman dan tidak keguguran ketika melakukan olahraga asalkan sesuai dengan aturan.

Hindari olahraga-olahrga yang membutuhkan banyak gerakan dan melompat seperti basket, voli, bulutangkis, dan lain-lain. Untuk menemukan olahraga yang tepat bagi ibu hamil 7 bulan sebaiknya konsultasikan bersama dokter atau bidan anda.

Baca juga: Dzikir dan Doa Untuk Ibu Hamil

Manfaat Olahraga Untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Berolahraga secara rutin akan sangat bermanfaat untuk memperlancar aliran darah di tubuh anda. Sisihkan waktu selama 20-30 menit setiap harinya untuk berolahraga secara rutin. Hal ini akan menambah kebugaran dan kelancaran alirah darah ibu hamil.

Berikut ini manfaat olahraga untuk ibu hamil tujuh bulan:

– Membantu mengurangi sembelit, pembengkakan, sakit punggung, dan kembung.
– Memperbaiki Mood Ibu hamil
– Meningkatkan energi tubuh anda
– Meningkatkan daya tahan tubuh
– Membuat tidur anda menjadi lebih nyenyak
– Menjadikan anda lebih siap fisik dan mental menghadapi kelahiran

Meskipun secara alami bayi dalam kandungan telah dilindungi oleh cairan amnion. Sebagai ibu, anda tetap harus hati-hati dalam beraktifitas. Jauhi aktifitas maupun olahraga yang sekiranya dapat membahayakan fisik anda terutama bagian perut.

Berikut olahraga yang dapat membahayakan kandungan dan sebaiknya dihindari:

– Hindari Olaharaga buat ibu hamil 7 bulan yang memiliki resiko jatuh tinggi.
– Hindari olahraga yang memerlukan gerakan mendadak ataupun gerakan-gerakan cepat.
– Hindari olahraga yang mengharuskan anda untuk melompat, baik melompat tinggi ataupun lompatan panjang.
– Hindari gerakan memutar bagian pinggang sambil berdiri.
– Jangan berolahraga di cuaca yang panas
– Jangan melakukan aktifitas tahan nafas dalam waktu yang cukup lama.
– Jangan berolahraga di tempat yang miring, carilah tempat yang datar dan aman.
– Jangan memaksakan diri jika sudah merasa letih

Baca juga: Peran Suami Saat Istri Hamil

Setelah melakukan olahraga bagi ibu hamil 7 bulan, usahakan untuk mengkonsumsi air putih yang banyak. Hal ini penting dilakukan untuk mengembalikan cairan tubuh.

Gerakan Olahraga Untuk Ibu Hamil 7 Bulan

  1. DudukPosisikan diri anda untuk duduk dengan tegak senyaman mungkin. Kemudian rentangkan kedua kaki anda. Lebarkan sesuai kemampuan ibu hamil dan jangan paksakan terlalu lebar, pastikan punggung anda tetap tegak. Setelah itu, condongkan badan ke depan dengan memposisikan lengan ke depan. Kemudian tahanlah posisi itu untuk beberapa detik.
  2. TidurUntuk Olahraga ibu hami 7 bulan yang satu ini, memerlukan bantuan sebuah kursi. Posisikan tubuh untuk tidur secara telentang. lalu angkat kaki dan tempatkanlah di antas kursi. Pastikan posisi punggu tetap menempel di lantai. Kemudian lakukanlah gerakan olahraga dengan cara mengangkat bokong dengan bantuan tumpuan kedua siku anda. Jangan melakukan gerakan ini terlalu banyak, sebaiknya maksimal 8 kali dalam sehari.
  3. Otot DadaIbu hamil juga perlu untuk melatih otot-oto tubuhnya, termasuk disini adalah otot dada. Tujuannya supaya dapat memberikan kekuatan lebih untuk paru-paru dan jantung. Cara melakukannya juga sangat mudah, siapkan dua buah botol yang telah diisi air. Kemudian jadikan botol tersebut sebagai barbel. Lakukan gerakan mengangkat barbel sebanyak lima sampai 10 kali per latihan.
  4. PelenturanOlahraga untuk ibu hamil tujuh bulan berikut ini berguna untuk melatih kelenturan tubuh anda. Ini merupakan salah satu gerakan senam yang bisa anda lakukan dengan bantuan kursi yang empuk. Caranya, duduklah di kursi tersebut dengan posisi badan tegak lalu posisikan kedua tangan berada di pinggang. Kemudian luruskan satu kaki disertai dengan menekuk telapak kaki ke arah dalam. lakukan selama kurang lebih 5 detik.
  5. PendinginanOlahraga ibu hamil 7 bulan ini bisa dilakukan sembari duduk di atas sofa. Duduk bersandarlah di sofa serta jagalah keseimbangan dengan punggung tetap lurus. kemudian, pertemukan kedua telapak kaki dengan posisi kaki seperti bersila. Lakukan selama 8 hitungan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *