Peran Suami Saat Istri Hamil

Peran Suami Saat Istri Hamil

Kehamilan adalah hal yang istimewa dan dinantikan oleh semua pasangan suami istri. Ketika istri mengandung maka peran suami saat istri hamil sangat penting. Jika suami bisa pengertian dan mengerti perannya tentu akan memudahkan istri dalam melewati fase kehamilan.

Suami Harus Memahami Istri Ketika Hamil

peran suami saat istri hamil

Ketika hamil wanita akan mengalami banyak kepayahan dan pastinya memiliki beban yang lebih dari biasanya. Istri harus mampu menjaga pola tidur, pola makan, serta menjaga dirinya agar tidak terlalu lelah. Tidak sampai disitu, kerap juga muncul rasa mual, kepala pusing, mudah lelah dan lain-lain.

Baca juga: Dzikir dan Doa Ibu Hamil

Namun semua kepayahan yang dirasakan istri tersebut akan menjadi lebih ringan jika suami bisa memahami kondisi istrinya yang tengah hamil. Karena memang semua kesusahan tersebut harusnya tidak ditanggung istri sendiri, melainkan dirasakan berdua bersama suami hingga menjadi terasa ringan. Karena Allah menitipkan amanah untuk memiliki anak tidak hanya kepada istri tetapi juga kepada suami.

Peran Suami Ketika Istri Sedang Mengandung

Dilansir dari Ruangmuslimah.co, berikut beberapa peran suami saat istri hamil. Hal ini penting untuk diketahui agar dapat menjadi suami siaga bagi istrinya.

1. Berikan Rasa Tenteram pada Masa Kehamilan

Suami harus mampu menghadirkan suasana yang tenang dan menghadirkan perasaan tenteram kepada istri. Jangan biarkan istri memikirkan masalah yang berat atau rumit. Suami juga harus pandai menjaga perasaan istrinya agar terhindar dari perasaan-perasaan galau yang dapat mengganggu kesehatan dirinya dan janin. Berikan sikap yang hangat dan tulus sehingga istri merasa tenteram dan rileks menjalani fase kehamilan.

2. Selalu Siap Siaga Saat Istri Membutuhkan

Usahakan untuk selalu siap setiap saat ketika istri membutuhkan. jika memang harus bekerja atau beraktifitas di luar rumah, pastikan handphone anda selalu aktif dan bisa dihubungi. Suami juga sebaiknya segera pulang ke rumah ketika urusan di luar sudah selesai. Menjaga istri yang sedang hamil adalah hal yang sangat penting. Peran suami saat istri hamil yang kedua ini sangat penting.

3. Jadilah Sahabat Terbaik Bagi Istri

Istri yang sedang hamil biasanya dapat menjadi lebih sensitif karena pengaruh hormon. Suami tentunya harus pandai menjaga mood istrinya agar tetap baik. Jangan justru mudah menyalahkan pasangannya yang memang sedang sensitif. Karena sebenarnya hal tersebut merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap wanita hamil. Jadilah sahabat yang baik untuknya, jadilah teman curhatnya, dengarkan apapun yang ia ceritakan dan berilah tanggapan layaknya seorang sahabat.

4. Lebih Perhatian

Baca juga: Persiapan sebelum kelahiran

Ketika masa kehamilan, biasanya wanita akan sangat memerlukan perhatian dan kasih sayang yang lebih dari suaminya. Mereka sangat ingin disayangi dan diperhatikan lebih dari sebelumnya. Berikanlah perhatian lebih meskipun hanya pada hal-hal kecil agar ia merasa lebih bahagia.

5. Membantu pekerjaan Rumah

Wanita yang tengah hamil akan mudah lelah dan tidak dapat mengerjakan sesuatu dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, suami harus mengerti hal ini. Berikanlah perhatian kepada istri dengan cara membantunya mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Dengan begitu maka istri akan lebih ringan dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Misalnya bantulah istri ketika memasak, tawarkan bantuan ketika mencuci dan sebagainya.

Selain membuat pekerjaan istri lebih ringan hal itu juga akan membuatnya merasa lebih bahagia. Membantu istri mengerjakan pekerjaan rumah merupakan peran suami saat istri hamil yang sangat mulia. Jadi sebagai suami sebaiknya jangan gengsi melakukannya.

6. Pastikan Istri Mendapat Asupan Makanan yang Sehat

Makanan sehat sangat diperlukan untuk memberikan nutrisi bagi ibu dan juga janin yang tengah dikandungnya. Peran suami saat istri hamil berkaitan dengan hal ini yaitu memastikan pasangannya selalu mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi. Hindari memberikan makanan berlemak yang dapat memberikan efek buruk bagi istri dan janin yang ada di dalam rahimnya.

7. Temani Istri Jalan Santai

Wanita hamil membutuhkan olahraga ringan yang dapat membuat saraf dan sendi mereka menjadi lebih rileks. Salah satu olahraga yang cocok untuk istri yang sedang hamil adalah jalan santai. Ajaklah istri untuk berjalan-jalan santai di lingkungan rumah secara rutin di pagi atau sore hari.

Baca juga: Nama Anak Laki-laki Islami

8. Mengajak Istri Lebih Mendekatkan Diri Kepada Allah

Semua orang tentu ingin dapat melewati masa kehamilan dan persalinan secara normal dan sehat. Serta dapat diberi keturunan yang soleh. Yang dapat memberikan itu semua hanyalah Allah. Sebaiknya suami selalu memotivasi dan mengajak istri untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah selama masa kehamilan, dan begitupun seterusnya. Ini merupakan peran suami saat istri hamil yang paling utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *