Berapa Takaran ASI yang Ideal Untuk Bayi? Ini Jawabannya

Berapa Takaran ASI yang Ideal Untuk Bayi? Ini Jawabannya

Banyak ibu yang ingin agar bayinya menyusu dalam waktu yang lama agar bisa mendapatkan asupan ASI yang banyak. Karena memang telah melakukan berbagai persiapan sebelum kelahiran, salah satunya tentang pemberian ASI. Pemberian susu yang banyak tentu tujuannya adalah supaya bayi merasa kenyang. Karena memang pada masa-masa awal usia bayi, ASI merupakan asupan pokok dan satu-satunya. Namun pernahkah Anda berpikir, berapa sebenarnya takaran ASI yang ideal untuk dikonsumsi si dia untuk sekali menyusu?

takaran asi ideal untuk bayi

Takaran ASI Ideal Untuk Bayi Baru Lahir

Jawaban akan pertanyaan di atas adalah berbeda-beda karena memang setiap bayi memiliki dosis yang berbeda-beda mengenai kebutuhan ASI mereka. Konsumsi si kecil terhadap asi jumlahnya biasanya kecil di awal dan semakin banyak seiring perkembangan usianya. Jadi bunda tidak perlu khawatir jika memang buah hati Anda ketika menyusu hanya sebentar. Tidak perlu dipaksakan agar bayi mau mengkonsumsi asi dalam jumlah banyak.

Bunda juga tidak perlu heran ketika melihat bayi yang diberi asupan susu formula dapat mengkonsumsi susu dalam takaran yang lebih banyak. Karena memang bayi yang diberi susu formula dan ASI berbeda. Bayi cenderung tidak bisa mengontrol jumlah susu yang masuk ketika diberi susu formula. Akibatnya bayi yang mengkonsumsi susu formula lebih sering muntah karena terlalu banyak menyusu.

Berikut takaran ASI yang ideal bagi bayi per menyusu dilansir dari Alodokter:

  • Hari pertama, Sebanyak 7 ml atau sekitar satu sendok teh lebih.
  • Hari kedua, sebanyak 14 ml atau kurang lebih 3 sendok teh.
  • Hari ketiga, sebanyak 38 ml.
  • Hari keempat, sebanyak 58 ml.
  • Hari ketujuh, sebanyak 65 ml.

Frekuensi Menyusui Bayi

Bayi sendiri memiliki frekuensi menyusui yang berbeda-beda namun rata-rata setiap bayi menyusu sebanyak 8-12 kali sehari pada bulan pertama usia mereka. Pada bulan kedua dan selanjutnya, frekuensi menyusu mereka cenderung menurun menjadi hanya 7-9 kali per hari. Tidak perlu khawatir dengan pengurangan frekuensi menyusui mereka, karena hal ini merupakan hal yang alamiah terjadi.

Bagi Anda yang memberikan ASI kepada buah hati dengan menggunakan botol, maka takaran ASI yang ideal kurang lebih sama seperti ketika menyusui langsung melalui payudara. Yang juga harus dipahami adalah bahwa tidak ada jumlah pasti/baku mengenai takaran konsumsi asi pada bayi. Jadi jangan terlalu mengatur kebutuhan ASI mereka, sebaiknya berikan ASI sesuai dengan kebutuhan yang memang diperlukan oleh mereka. Jangan memaksa bayi Anda untuk menghabiskan satu botol ASI, ataupun memaksa mereka unyuk berhenti menyusu ketika mereka masih lapar.

Tanda Bayi Mendapatkan Takaran ASI yang Ideal

1. Payudara bunda tidak terasa penuh
2. Bayi berhenti menyusu dengan sendirinya
3. Frekuensi BAK atau buang air kecil bayi lebih dari 6 x sehari.
4. Berat badan bayi meningkat secara normal.
5. Bayi tidur dengan nyenyak dan tenang.
6. Tinja si kecil berwarna kuning, gelap, hijau kehitaman.

Kebutuhan setiap bayi terhadap ASI adalah berbeda-beda. Yang terpenting bagi bunda adalah untuk selalu memberikan ASI terhadap bayi dan membiarkan mereka sendiri yang mengatur jumlah konsumsinya. Jika memang frekuensi menyusui bayi belum stabil, sebaiknya berikan ASI kepada bayi setiap 1,5 hingga 3 jam sekali.

Untuk keperluan aqiqah buah hati, Anda bisa menghubungi Saung aqiqah. Kami siap membantu memudahkan para ayah dan ibu yang hendak melakukan aqiqah untuk anaknya secara syari, praktis, dan modern. Untuk melakukan aqiqah silahkan klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *